Peserta Pelatihan dan Civitas Akademika Prodi Perdagin WIdyatama berfoto bersama

Beri Penguatan pada Pengrajin Sepatu Cibaduyut, Prodi Perdagangan Internasional UTama Adakan Pelatihan Komunikasi Pemasaran

BANDUNG, FISIP.WIDYATAMA.AC.ID – Hallo sahabat FISIP! Program Studi Perdagangan Internasional Universitas Widyatama mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi para pelaku usaha kecil menengah di Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung dengan tema kegiatan “Komunikasi Pemasaran Pada Sentra Pengrajin Sepatu Kelurahan Cibaduyut” pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2022. Acara PkM yang merupakan program PkM berkelanjutan ini dibuka oleh sekertaris program studi Perdagangan Internasional yaitu Bapak Denny Saputera S.E., M.M., dan perwakilan dari Kelurahan Cibaduyut yang diwakilkan oleh ibu Ratna Yuningsih, S.Pd., dan juga perwakilan dari Kecamatan Bojongloa Kidul yang diwakilkan oleh ibu Iis Rosmayanti, S.Sos., M.Si.

Acara PkM tersebut menghadirkan tiga pemateri utama dari dosen-dosen program studi Perdagangan Internasional Universitas Widyatama yaitu Bapak Rizqi Muttaqin S.Hint., MBA., yang menyampaikan materi mengenai Pemaparan Pemasaran Produk, pemateri kedua yaitu bapak Dwi Fauziansyah Moenardy, S.I.P., M.I.Pol., yang menyampaikan materi mengenai Media Promosi Produk Ekspor, dan pemateri ketiga yaitu ibu Rina Ariyanthi Dewi, S.S., M.A., yang menyampaikan materi mengenai Penggunaan Media Sosial untuk Promosi Melalui Video. Terdapat 20 orang pengrajin sepatu di sentra sepatu Cibaduyut yang turut hadir sebagai peserta dalam acara PkM program studi Perdagangan Internasional. Selain mendapatkan informasi dari pemaparan materi yang disampaikan oleh para narasumber, seluruh peserta juga mendapatkan pembekalan materi melalui workshop pembuatan video untuk diunggah ke platform media sosial yang difasilitasi oleh para mahasiswa dan mahasiswi program studi Perdagangan Internasional Angkatan 2021.

Pelaksanaan workshop dilakukan dengan memfasilitasi setiap pengrajin oleh dua orang fasilitator mahasiswa/i untuk dibantu dalam mengunduh aplikasi video editing Capcut pada gawai masing-masing pengrajin. Pengrajin yang sebelumnya telah datang membawa hasil produk atau karyanya kemudian difasilitasi untuk dapat mengambil footage video produk dengan menggunakan gawai dari beragam angle. Setelah footage video diperoleh, kemudian fasilitator mahasiswa/i membantu pengrajin untuk melakukan proses editing pada aplikasi Capcut. Proses editing juga dilakukan dengan menambahkan unsur-unsur kreatifitas seperti lay outing, menambahkan transisi, color grading, musik, dan teks. Setelah video selesai melalui tahap editing, para pengrajin kemudian dipandu untuk mengunggah videonya ke platform media sosial yang mereka miliki. Selain itu, para pengrajin juga memperoleh pengetahuan untuk menaikan engagement sesuai dengan karakteristik setiap media sosial, misalnya memperbanyak mengunggah video reels pada platform media sosial Instagram untuk menambah viewers video dan followers Instagram.

Keseluruhan rangkaian acara berhasil diikuti dengan penuh antusiasme dari para pengrajin, pemateri dan juga fasilitator mahasiswa/i. Para peserta juga membawa pulang materi berupa tutorial video editing pada aplikasi Capcut, serta video produk mereka yang siap untuk diunggah di media sosial sebagai bentuk pemasaran, dan pengetahuan mengenai cara memasarkan produk melalui media sosial serta cara menaikan engagement media sosial melalui unggahan-unggahan video sederhana yang dapat dibuat dengan aplikasi Capcut.

Diharapkan para pengrajin sentra sepatu Cibaduyut dapat memanfaatkan pengetahuan yang telah diperoleh dari acara PkM program studi Perdagangan Internasional Universitas Widyatama untuk mengembangkan prospek bisnisnya. Pada era digital ini, media sosial merupakan alat pemasaran yang mudah, murah, efektif dan terjangkau untuk membantu para pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu, para pengrajin sentra sepatu Cibaduyut pun diharapkan dapat memanfaatkan tren di era digital dengan baik setelah mengikuti acara PkM ini.***Redaksi Perdagin