Pertukaran Dosen Antar Kampus, Tiga Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta Mengajar di FISIP Widyatama

Pertukaran Dosen Antar Kampus, Tiga Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta Mengajar di FISIP Widyatama

BANDUNG, FISIP.WIDYATAMA.AC.ID – Halo Sahabat FISIP. Pekan ini tiga dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta mengajar di tiga kelas perkuliahan di FISIP Universitas Widyatama. Ketiga dosen tersebut adalah Vinta Sevilla, Ratu Nadya dan Ratu Laura Mulia, yang merupakan bagian dari program pertukaran dosen mengajar antara FISIP Widyatama dengan FISIP UPN Veteran Jakarta.

Penyelenggaraan perkuliahan berlangsung selama 2 hari, di mana pada Selasa 15 November 2022 perkuliahan diberikan Ratu Laura di kelas mata kuliah Film Dokumenter Prodi FTV FISIP Widyatama dengan tema Fenomena Kebudayaan Indonesia. Peserta mata kuliah tersebut adalah mahasiswa semester lima Prodi FTV yang berjumlah sebanyak 20 orang. Pada hari berikutnya giliran Vinta Sevilla dan Ratu Nadya yang memberikan materi perkuliahan. Vinta Sevilla memberi kuliah di kelas Prodi Perpusatakaan dan Sains Informasi, sedangkan Ratu Nadya memberikan materi kuliah tentang Iklan dan Televisi di kelas mata kuliah Publikasi Film & Televisi dengan peserta mahasiswa semester lima Prodi FTV Widyatama.

Adapun dosen FISIP Widyatama yang bertugas memberi materi perkuliahan kepada mahasiswa Prodi Ilkom FISIP UPN Veteran Jakarta adalah Della Dwinanti Sumpena yang memberi materi kuliah tentang Produksi Konten Media Sosial dalam mata kuliah Social Media Content Writing dengan peserta mahasiswa Prodi Ilkom UPN Veteran Jakarta semester lima. Selain itu  dosen Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi FISIP Widyatama Meryam Agustine juga mendapat tugas memberi materi kuliah kepada mahasiswa Prodi Ilkom FISIP UPN Veteran Jakarta.

Kegiatan pertukaran dosen mengajar merupakan implementasi dari Perjanjian Kerjasama antara FISIP Widyatama dengan FISIP UPN Veteran Jakarta dalam rangka mewujudkan semangat kolaborasi antar kampus dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan dalam rangka memenuhi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) ke-3 Perguruan Tinggi yaitu Dosen Berkegiatan di Luar Kampus.

Pada sambutan perpisahan, Dekan FISIP Widyatama Dr. Soni A. Nulhaqim,S.Sos.,M.Si menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran dosen FISIP UPN Veteran Jakarta dan memberi materi perkuliahan bagi mahasiswa di Prodi FTV dan Perpustakaan & Sains Informasi FISIP Widyatama. Ke depan menurut Soni, kerjasama antara kedua kampus ditingkatkan lagi dengan melakukan koloborasi dan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian bersama, yang menghasilkan luaran berupa artikel jurnal ilmiah bersama.

Adapun baik Vinta Sevilla dan Ratu Laura mengemukakan hal yang sama terkait kesan selama mengajar di FISIP dan penyambutan civitas FISIP sebagai tuan rumah yang menurut kedua dosen UPN tersebut sangat ramah dan menyenangkan. Adapun Ratu Laura menambahkan, bahwa ia sangat terkesan dengan respon mahasiswa Prodi FTV yang kritis saat membahas tentang fenomena kebudayaan indonesia. ***Redaksi FISIP